Dinkes Siapkan 12 Posko Kesehatan

TRANSDEPOK – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok selama libur Lebaran dan cuti bersama menyatakan selain tetap mengoperasikan 11 Puskesmas tingkat Kecamatan, akan membuka 12 Posko Kesehatan selama musim arus mudik dan arus balik. Demikian dikatakan Kepala Dinkes Depok Lies Karmawati Jumat (16/6/).

Kedua belas posko kesehatan itu dibuka di titik dan ruas jalan di Depok yang biasa dilintasi pemudik. Setiap posko akan dilengkapi sedikitnya satu ambulan, dokter dan perawat.

“Jadi untuk 12 posko kesehatan itu, ada 28 dokter, 30 perawat dan 16 supir ambulan,” kata Lies

Lies merinci ke-12 posko kesehatan itu antara lain akan didirikan di Jalalan Margonda, Jalan Raya Bogor, di Jalan Sawangan, Jalan Cinerere, Jalan Limo, Jalan Cipayung, Jalan Cimanggis, Tapos. Posko kesehatan juga didirikan di Puskesmas Bojongsari, Puskesmas Cinere dan Puskesmas Beji.

“Selama beroperasi posko kesehatan akan dibuka mulai H-7 atau 18 Juni sampai H+7 atau 2 Juli mendatang. Posko kesehatan ini akan dibuka selama 24 jam.”terang Lies

Total jumlah dokter dan petugas kesehatan yang disiagakan di Posko Kesehatan dan 11 Puskesmas saat libur Lebaran adalah 50 Dokter dan 134 petugas kesehatan. Sementara jumlah petugas di 11 kecamatan di luar petugas di posko kesehatan sebanyak 22 dokter, 44 perawat, 44 petugas kesehatan gabungan.

“Di 11 puskesmas Kecamatan dibuka layanan UGD 24 jam,” kata Lies.

Lies menambahkan, Dinkes Kota Depok juga telah menginstruksikan bahwa pasien yang membawa Kartu BPJS meskipun dari luar Kota Depok tetap harus diterima dan dilayani di 12 posko dan 11 puskesmas di masa libur Lebaran dan cuti bersama nanti.

“Kami sudah koordinasi atas hal ini dengan pihak BPJS,” pungkasnya. *

Tags:
center banner

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan