PDAM Depok Terus Upayakan Pelanggan Sesuai Target RPJMD 2015 – 2020


DEPOK, TD.COM – Untuk memenuhi target pelanggan hingga 2020 mendatang, PDAM Asasta Kota Depok menargetkan bisa menambah jumlah pelanggan menjadi 35 persen dari jumlah 2,1 juta warga Depok sesuai target pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Depok. Demikian dikatakan Manajer Pemasaran, Imas Dyah Pitaloka, Rabu (17/1)

Berdasarkan catatan PDAM Asasta Kota Depok, dari 2,1 juta jiwa penduduk Depok, ditahun 2017 baru mencapai 16,5 persen sekisar 343 404 pelanggan yang telah mengakses air bersih, sedangkan sisanya masih menggunakan air tanah.

Imas menjelaskan, guna mendukung capaian dan target akses aman air minum dan sanitasi 100 persen sesuai RPJMD 2015-2020 diperlukan penggalangan bantuan dana untuk penambahan infrastruktur seperti air baku, instalasi pengolahan air, jaringan pipa dan penunjang lainnya.

Upaya pencapaian target sebesar 35 persen, tambah imas, didukung oleh adanya regulasi Pemerintah Kota Depok yang menerbitkan Peraturan Daerah tentang Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dimana untuk bangunan baru , setiap pemukiman/perumahan, perkantoran, rumah sakit, apartemen atau pusat bisnis yang dibangun di Depok harus memanfaatkan air dari PDAM.

“Semoga Perda IMB tersebut semakin tersosialisasi kepada pengembang dan masyarakat. Agar pemanfaatan air tanah dapat tercegah dan semakin berkurang,”harapnya.

Sementara, Ratih Ditta, Supervisor Komunikasi dan Pelayanan Pelanggan PDAM Tirta Asasta mengatakan, upaya untuk mengejar target 35 persen penduduk Kota Depok terakses air bersih , PDAM Tirta Asasta Kota Depok juga memiliki program jemput bola , yaitu menghampiri warga di setiap perumahan yang telah terpasang pipa jaringanya.

“Kami melakukan open table di setiap perumahan yang telah terpasang pipa jaringan PDAM Tirta Asasta. Kemudian , memberikan sosialisasi agar masyarakat dapat belangganan air bersih melalui PDAM” ujarnya Ditta

Cara ini cukup efektif, tambah Ditta, sejauh ini pelanggan PDAM Tirta Asasta telah bertambah 3500 pelanggan dengan menghampiri warga melalui jemput bola. Warga tidak perlu jauh ke kantor PDAM untuk mendaftarkan diri, dan PDAM hadir saat akhir pekan.

“Tersambungnya aliran air bersih PDAM ke pelanggan, pada tahun 2020 di Kota Depok harus mencapai 174.000 pelanggan. Sementara saat ini baru sekitar 54.000 pelanggan” terang Ditta

Diketahui saat ini PDAM Tirta Asasta juga sedang gencar-gencarnya menjalankan program One Day Service. Ditta menjelaskan, program tersebut akan kami lakukan dibeberapa wilayah , hal ini dilakukan untuk mencapai target dan calon pelanggan pada tahun 2018 .

“Selain itu Kita juga sudah mulai bekerja sama (MoU) dengan beberapa pengembang di Kota Depok, untuk mencapai target 12.500 pelanggan baru di tahun 2018 ini,”pungkasnya. -YN

center banner

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan