Workshop KTSP SD Kecamatan Cipayung

  • Bagikan

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok melalui Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Sekolah Dasar tahun pelajaran 2021/2022, di SDN Pondok Terong 03, Rabu (30/6/21).

Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari mulai pada tanggal 30 Juni – 3 Juli, bertujuan meningkatkan kompetensi guru yang Bijak Berteknologi (Biber) dan Bawa Perubahan (Baper) dalam pembelajaran.

Kasi Kurikulum SD Disdik Kota Depok Suhyana mengatakan, pemberian Bimtek tersebut diberikan lantaran kurikulumnya setiap sekolah, harus sesuai dengan kondisi pandemi Covid – 19 (C19).

“Perbedaan kurikulum yang akan disusun adalah cara mengajarnya, kalau misalnya dalam situasi normal kita tatap muka, sekarang tidak boleh, sehingga kita yang menyesuaikan dengan kondisi itu”, utasnya.

Maka sistem pembelajaran itu, kata dia disebut Blended Learning ,di mix antara Dalam Jaringan (Daring) atau online dan Luar Jaringan (Luring) atau tatap muka, lantaran situasi dan kondisi masyarakat Depok berbeda.

Blended Learning adalah metode belajar dimana proses belajar tatap kelas berpadu dengan proses e-learning secara harmonis atau bisa juga disebut pembelajaran campuran, antara pembelajaran face to face dan online

“Ya Kan tidak sama semuanya, ada yang punya HP ada yang tidak, ada yang punya HP tapi tidak punya kuota, ada yang punya HP tapi gantian, maka kita mix Daring dan Luring”, imbuhnya.

Meski nanti masa pandemi C19 sudah berlalu, lanjutnya, KTSP tetap digunakan, pasalnya berdasarkan edaran dari kementerian itu, sekolah bisa gunakan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KIKD) atau kurikulumnya yang dikeluarkan berdasarkan Permendikbud Nomor 37 tahun 2018, tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

 74 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transdepokcom@gmail.com Terima kasih.

  • Bagikan