Workshop Peningkatan Kompetensi Guru di SMP YAPPA Depok

Workshop Peningkatan Kompetensi Guru di SMP YAPPA Depok

transdepok.com – SMP YAPPA DEPOK pada Sabtu, (05/1/2019) gelar kegiatan Workshop Peningkatan Kualitas Guru dalam Implementasi Penilaian Kurikulum 2013 dan dibuka oleh H. Mohammad Thamrin S.Sos., M.M. Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok.

Thamrin mengatakan bahwa kegiatan workshop ini sangat bermanfaat untuk peningkatan kualitas guru, sehingga dari guru yang berkualitas, maka akan mampu menciptakan sumber daya manusia atau peserta didik yang berkualitas pula.

“Ada 3 hal yang harus,diperhatikan yaitu : 1) peningkatan kualitas pendidikan, baik sumber daya manusia (meliputi peserta didik serta tenaga pendidik dan kependidikan) maupun sarana dan prasarana (bangunan dan fasilitas sekolah); 2) implementasi PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) di lingkungan sekolah, SMP YAPPA DEPOK merupakan salah satu sekolah yang telah konsisten menerapkan pendidikan karakter pada kegiatan setiap harinya, yang bahkan telah melebihi ekspektasi dari dinas pendidikan; dan 3) literasi, dimana saat ini, seluruh guru diharapkan sudah melek akan literasi, sehingga cepat dalam memberi tanggapan terhadap segala informasi yang ada” papar Thamrin

Sebelumnya, posesi pembukaan dilanjut dengan sambutan-sambutan dari beberapa pihak, yaitu Kepala SMP YAPPA DEPOK (Ibu Dra. Elliya HA, M.Pd), Ketua Yayasan Al-Raudhoh (Bapak H. Jayadi Amin, Lc)

Workshop yang telah berlangsung selama kurang lebih 6 jam ini, berisi materi yang sarat akan informasi yang bermanfaat bagi sekolah, khususnya bagi guru mata pelajaran.

Penjelasan mengenai implementasi penilaian kurikulum 2013 disampaikan dalam 2 sesi, dipaparkan oleh Iros Rosilawati M.MPd selaku narasumber sekaligus merupakan pengawas pembina sekolah. Seluruh peserta berhasil diberi penyegaran kembali mengenai sistem penilaian dalam kurikulum 2013, sehingga sesuai dengan standar yang berlaku yaitu Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 mengenai standar penilaian.

“Penilaian memiliki pengertian sebagai suatu proses pengumpulan informasi/data tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam aspek sikap, aspek pengetahuan dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis yang dilakukan untuk memantau proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar” papar Iros

Workshop yang berlangsung dari jam 09.00 pagi dan berakhir jam 15.00 sore, dihadiri oleh sekitar 40 peserta yang terdiri dari guru SMP YAPPA DEPOK. Workshop juga dihadiri oleh beberapa tamu undangan, yaitu Ketua MKKS Swasta Kota Depok, perwakilan Kepala Sekolah dan Guru dari sekolah swasta di kecamatan Sukmajaya-Cilodong.

center banner

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan