Wujudkan Lingkungan yang Hijau dan Asri di Kota Depok, DLHK Sosialisasi Proklim

Wujudkan Lingkungan yang Hijau dan Asri di Kota Depok, DLHK Sosialisasi Proklim

transdepok.com – Sebagai upaya mewujudkan lingkungan yang hijau dan asri di Kota Depok, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) rutin memberikan sosialisasi Program Kampung Iklim (Proklim). Bahkan, DLHK saat ini tengah fokus menyosialisasikan Proklim di 11 kecamatan.

Eti Yuniarti Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Konservasi DLHK Kota Depok, mengatakan bahwa Sosialisasi sedang kita lakukan ke berbagai wilayah di Kota Depok.

“Kami berupaya untuk bisa menjangkau semua wilayah. Setiap kegiatan, kami selalu mengundang pegiat lingkungan yang ada di setiap kelurahan,” ujar Eti, Rabu (07/08/2019) usai Sosialisasi Proklim di Aula Kelurahan Bojongsari

Kami sudah petakan ada 10 wilayah yang bisa diusulkan dalam Proklim ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada tahun 2020. Jumlah ini juga menjadi target kami untuk mewujudkan Proklim selanjutnya

Adapun 10 lokasi yang dimaksud, kata Eti, yaitu RW 02 dan RW 09 Kelurahan Baktijaya, RW 11 dan RW 24 Kelurahan Mekarjaya, RW 03 Kelurahan Tugu. Selain itu, RW 02 Kelurahan Cisalak Pasar, RW 04 Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, RW 14 Kelurahan Bojongsari, RW 1 Kelurahan Ratujaya serta RW 7 Kelurahan Limo

“Untuk mewujudkannya, kami butuh dukungan semua pihak termasuk RT, RW, PKK, dan LPM. Kami juga akan lakukan pendampingan demi terciptanya wilayah Proklim,” katanya.

Harus ada upaya adaptasi untuk meningkatan kapasitas seluruh pihak dalam menghadapi perubahan iklim tersebut. Pemilahan sampah juga perlu dilakukan agar lebih luas lagi cakupannya, termasuk peningkatan ketahanan pangan, serta pengolahan dan pemanfaatan air limbah.

Diakuinya, pendampingan akan dilakukan, untuk menambah beberapa unsur yang harus ada dalam Kampung Proklim. Seperti sumur biopori, sumur resapan, pemilahan sampah, bank sampah dan lain-lain.

Senada dengan itu, Wali Kota Depok, Mohammad Idris, mengajak seluruh RW di untuk bisa merangkul warga dalam menyikapi perubahan iklim. Dirinya juga berharap, agar wilayah yang sudah mendapat predikat Proklim, bisa menularkan informasi ke wilayah yang belum.

“Semangat gotong royong harus kita tanamkan untuk menyukseskan Proklim. Mudah-mudahan lurah, RT, RW, LPM, PKK serta tokoh masyarakat bisa menjalankan program yang sudah dicanangkan pemerintah untuk Kota Depok yang lebih baik lagi,” tutupnya.

Perlu diketahui, Proklim yang dicanangkan pemerintah pusat tersebut, merupakan program yang memberikan pengakuan terhadap partisipasi aktif dari masyarakat terhadap lingkungan.

center banner

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.