Pandangan Umum Hasil Reses Fraksi PKB dan PSI

KOTA KEMBANG, transdepok.com – Rapat Paripurna DPRD Kota Depok di masa pandemi jumat (11/2) tetap berjalan.
Rapat paripurna dewan ini
menyampaikan laporan hasil reses serta memastikan aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui berbagai kegiatan dapat terakomodir.Melalui Paripurna ini juga semoga pemerintah Kota Depok memberikan kontribusi secara maksimal kepada masyarakat, melalui berbagai program pelayanan yang bersifat wajib, mulai dari Pendidikan, Kesehatan, Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, Kebangkitan Ekonomi, Pembangunan Infrastruktur dan Sektor lainnya.

Untuk itu Fraksi PKB & PSI memberikan pandangan umumnya terkait beberapa hal sebagai berikut :
1.Berkenaan dengan pembangunan dan infrastruktur dan pelayanan publik, Fraksi PKB & PSI mendorong Pemkot Depok memperhatikan perbaikan drainase dan pembangunan turap di lingkungan warga yang telah rusak sehingga kerap kali menimbulkan banjir.

2.Berkenaan dengan bidang kesehatan, Fraksi PKB & PSI mendapat masukan beberapa hal dari masyarakat diantaranya,Pemerintah Kota Depok perlu mempertimbangkan bantuan hibah alat fogging hingga ketingkat RT-RW guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menjaga kesehatan dilingkungannya.

3.Berkaitan dengan pemulihan kebangkitan ekonomi, Fraksi PKB & PSI mendorong Pemkot Depok supaya segera mengambil terobosan baru menanggulangi peningkatan jumlah pengangguran masyarakat usia produktif akibat terdampak Covid-19. Program padat karya, pelatihan kerja dan usaha serta bantuan modal usaha kepada UMKM, kelompok usaha kecil dan sejenisnya perlu segera dilakukan untuk menekan jumlah pengangguran usia produktif yang jika tidak cepat ditangani akan menimbulkan masalah sosial baru dan berpotensi menimbulkan masalah keamanan hingga kriminalitas.

4.Berkenaan dengan bidang sosial dan kesejahteraan sosial, Fraksi PKB & PSI mempertanyakan landasan hukum dan proses implementasi program KDS (Kartu Depok Sejahtera), apa manfaat dan tujuan program KDS ini, golongan masyarakat seperti bagaimana yang berhak mendapatkan benefit dari program KDS ini?.

5.Berkenaan dengan fungsi dan tugas kader posyandu yang semakin besar tuntutannya dalam sistem pendataan warga, mohon perhatiannya dari Pemkot Depok supaya dapat mengalokasikan anggaran untuk hibah Laptop guna meningkatkan dan menunjang kinerja kader posyandu ditingkat RW maupun RT.

6.Berkenaan dengan Progress Raperda Pesantren di Kota Depok, Fraksi PKB Kota Depok merasa bersyukur dengan adanya Raperda Pesantren yang banyak mendapat dukungan dari seluruh Fraksi DPRD Kota Depok dan direspon baik oleh Pemkot Depok. Kami sangat mengapresiasi, Fraksi PKB & PSI Kota Depok berkomitmen untuk selalu mengawal implementasi Raperda Pesantren ini dapat terlaksana secara adil dan transparan.

Dalam implementasinya kami mengingatkan supaya Pemerintah Kota Depok tidak menyulitkan tokoh Ponpes dan Para Kiai/Ustadz/Ustadzah dengan prosedur birokrasi untuk mendapatkan haknya. Harapannya, pemerintah Kota Depok memiliki aturan hukum di dalam memberikan perhatian dan mengayomi pendidikan Pesantren secara konkrit pada ranah pendidikan Pesantren.

Fraksi PKB – PSI berharap aspirasi yang ditampung oleh DPRD melalui berbagai kegiatan ini dapat diterima dengan baik dan tentunya dimasukan dalam RKPD Kota Depok, karena usulan hasil reses ini juga harus segera direspon cepat dan segera ditindaklanjuti, ditangani serta disinkronkan dengan dinas-dinas terkait untuk kemudian menjadi program prioritas utama Pemerintah Kota Depok Pada Tahun 2022. (YN)

 79 views