Serapan Anggaran, Disrumkin Targetkan 90 Persen

Balaikota, TD.COM – Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok, berhasil menyerap anggaran 48 persen. Sementara, untuk pekerjaan fisik sudah terbangun sekitar 75 persen se-Depok, dari total nilai anggaran sebesar Rp 419 miliar. Demikian dikatakan Kepala Disrumkim, Wijayanto saat meninjau pekerjaan pembuatan taman di lingkungan kantor DPRD Kota Depok, Kamis (16/11).

“Kami pastikan akhir tahun sudah bisa diserap anggaran yang ada di Disrumkim,” terang Wijayanto.

Menurutnya, serapan anggaran keuangan saat ini sebesar 48 persen. Ada peningkatan dari tahun lalu yang menyerap anggaran hanya 42 persen.

“Tahun lalu serapan anggaran secara keseluruhan mencapai 95 persen. Logikanya tahun ini anggaran yang terserap bisa sama. Jadi tidak usah khawatir,” katanya.

Setiap dinas pasti punya target serapan anggaran. Untuk Disrumkim memiliki target tahun ini menyerap anggaran minimum 90 persen.

“Sedangkan 10 persennya berupa sisa penawaran, dan sisa lelang,” terangnya.

Sebelumnya, Walikota Depok Muhammad Idris menyatakan,  penyerapan anggaran tahun 2017 di jajaran Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) paling rendah serapannya dibandingkan dinas lainnya.

Menurut Walikota, hal ini  karena berbagai faktor, mulai dari masalah hukum, lelang yang disanggah, lelang berhasil namun ada masalah hukum, bahkan ada kegiatan yang berjalan tapi tidak sesuai dengan harapan.

“Kegiatan penyerapan anggaran tahun 2017 di Dinrumkim memang paling berat untuk diselesaikan dalam waktu beberapa bulan terakhir tapi sejumlah Organisasi Perangkat daerah (OPD) yang lain diharapkan dapat selesai tepat waktu terlebih ada yang sudah mencapai 90 persen serapannya,” kata Walikota Depok Muhammad Idris, di Balaikota, Kamis (9/11).  *YN/adv

 66 views